Sabtu, 29 Oktober 2011

PIKIRAN

Di era yang serba kompetetif banyak sekali pengertian tentang berpikir dan cara kerjanya. Namun, kita tidak perlu terjebak dengan semua hal itu. Berpikir memungkinkan seseorang untuk mempresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan, rencana, dan keinginan. Karenanya, kata yang merujuk pada konsep dan proses yang sama di antaranya kognisi, pemahaman, kesadaran, gagasan, dan imajinasi.
Berpikir melibatkan manipulasi otak terhadap informasi, seperti pada saat kita membentuk konsep, terlibat dalam pemecahan masalah, melakukan penalaran, dan membuat keputusan. Berpikir adalah fungsi kognitif tingkat tinggi dan analisis proses berpikir menjadi bagian dari psikologi kognitif.
Jadi, pikiran lebih mudahnya dapat diartikan sebagai hardisk, yakni menyimpan file-file/program rekaman. Hardisk tersebut/pikiran dibagi menjadi dua macam, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data-data yang masuk, sedangkan pikiran bawah sadar berfungsi menyimpan data-data atau informasi yang sudah jarang dipakai lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar