LAPORAN DIKLAT IN 2 PKB KEPALA SEKOLAH
TAHAP I KABUPATEN PARIMO DI HOTEL SANTIKA PALU
A. Latar Belakang
PKB KS/M merupakan salah satu program dari empat program yang didanai melalui dana hibah dari Pemerintah Australia melalui program Kemitraan Pendidikan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia (Australia’s Education Partnership with Indonesia/AEPI). Untuk itu, agar program tersebut berimplikasi pada kegiatan selanjutnya maka dilakukan diklat In 2 PKB guna mengetahui hasil laporan selama melaksankan OJL.
Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penguasaan BPU 1 dan 2 bagi setiap Kepala Sekolah yang telah melaksanakan OJL. Di samping itu, apakah seluruh tagihan serta dokumen terkait telah dibuat dalam laporan sesuai kriteria yang ditetapkan.
B. Landasan
1. Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Permendinas Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
3. Permendikbud Nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
4. Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
5. Permendikbud Nomor 57 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
6. Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
C. Tujuan
1. Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menguasai BPU
2. Memberikan informasi kepada pihak lain terkait dengan pelaksanaan In 2 PKB bagi Kepala Sekolah SD/MI.
A.
Waktu/Tempat Pelaksanaan
Hari Sabtu – Senin,
tanggal 22 s.d. 24 November 2014 di Hotel Santika Jalan Moh. Hatta No Palu.
B.
Peserta
Peserta In 2 PKB adalah sebagai berikut:
·
Tahap I, Kabupaten Morowali 33 orang, Kabupaten
Toli-toli 38 orang, dan Kabupaten Parimo 38 orang.
·
Setiap kabupaten didampingi pengawas masing-masing 8
orang.
C.
Hasil Analisis Dokumen Portofolio BPU
ANALISIS PENILAIAN FORTOFOLIO PKB KEPALA SD/MI
KABUPATEN PARIMO
NO.
|
NAMA
PENGAWAS
|
NAMA KEPALA SEKOLAH
|
SEKOLAH
|
NILAI
AWAL
|
REKOMENDASI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||||||||||||||||||
1
|
ISBIR
JIHARA, S.Pd
|
1.
Yunardi, S.Pd
2.
Anton, S.Pd
3.
N. Partiha, S.Pd. I
4.
I Made Astramaya,
S.Pd,M.Si
5.
Rasdiman, S.Sos.
|
SD
Inpres Sri Tabang
SD
Inpres Bolano
SD
Negeri 2 Bolano
SD
Inpres 2 Wanamukti
SD
Inpres Beringin Jaya
|
BPU
Kurikulum: 70
BPU
SUPAK : 80
BPU
Kurikulum: 80
BPU
Supak: 85
BPU
Kurikulum: 70
BPU
Keuangan: 80
BPU
Kurikulum: 80
BPU
Keuangan: 86
BPU
Kurikulum: 80
BPU
Supak : 90
|
1.
Perlu
melengkapi dokumen revisi KTSP, RPP, dan tagihan lainnya.
2.
Perlu melengkapi dokumen hasil supervisi akademik
1.
Perlu
melengkapi dokumen
Revisi KTSP, RPP, dan tagihan lainnya
2.
Perlu menerapkan di sekolah
1.
Perlu
melengkapai dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.
Perlu penerapan di sekolah secara berkelanjutan
1.
Perlu
melengkapi dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.
Perlu melengkapi tagihan dan penyempurnaan
laporan
1.
Perlu
melengkapi dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.
Dokumen dan bukti fisik disempurnakan
|
|||||||||||||||||||||||||||
2
|
Hamdan,
S.Pd
|
1.
Abdullah, S.Pd
2.
Zama’ni, S.Pd
|
SD
Inpres Binangga
|
BPU
Kurikulum: 80
BPU
Supak: 85
BPU
Kurikulum: 80
BPU
Supak: 80
|
1.
Perlu
melengkapi dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.
Dokumen dan bukti fisik dilengkapi
1.
Perlu
melengkapai dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.
Perlu melengkapi dokumen Tindak lanjut
SUPAK
|
|||||||||||||||||||||||||||
3
|
Janestar,
S.Pd
|
1.
A. Sumanta, S.Pd
2.
Irwin Sri Handayani, S.Pd
3.
Nuryantono, S.Pd
4.
Dwi Sutranto, S.Pd
|
SD
Inpres 1 Mensung
SD
Inpres 3 Kayu Agung
SD
Negeri 1 Kayu Agung
SD
Negeri 2 Kayu Agung
|
BPU
Kurikulum: 85
BPU
Keuangan: 75
BPU
Kurikulum: 90
BPU
RKJM: 75
BPU
Kurikulum: 85
BPU
RKJM:80
BPU
Kurikulum:80
BPU
PPTK: 90
|
1.
Perlu
melengkapi dokumen RPP dan
bukti analisis telaah
2.
Perlu melengkapi RKAS dan seluruh LK
tagihan
1.
Perlu
melengkapi dokumen RPP pada komponen penilaian
2.
Perlu perlu melengkapi dokumen angket
orang tua siswa, analisis tingkat strategis, dan visi misi
1.
Perlu
melengkapi dokumen RPP pada
komponen penilaian dan LK
2.
Perlu melengkapi dokumen angket orangtua
siswa
1.
Perlu
melengkapi LK 7, LK 14 dan format penilaian
2.
Perlu melampirkan struktur orgainsasi
|
|||||||||||||||||||||||||||
4
5
|
RAHMAN
S.BOBIHU
I
WAYAN SUNARSA
|
|
|
Kurikulum 70
RKJM 60,75
Kurikulum 60,75
RKJM 70
Kurikulum 71,5
RKJM 70
Kurikulum
70
RKJM 60,25
Kurikulum 67,75
RKJM
75
Kurikulum 96,25
Supak 80
Kurikulum 89
Supak 80
Kurikulum 77,5
Supak 70
Kurikulum 96,75
Supak 80
Kurikulum 90
Supak 80
Kurikulum 82
Supak 80
Kurikulum 82
Supak 80
|
2 Perlu
melengkapai dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
3.
Perlu melengkapi RKAS bukti fisiknya
3.
Perlu
melengkapai dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
4.
Perlu penerapan di sekolah terus menerus
3.
Perlu
melengkapai dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
4.
Perlu melengkapi bukti fisik RKJM Dan RKAS
yang belum direvisi
1.
Perlu
melengkapai dokumen Kurikulum (
Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.
Perlu melengkapi bukti fisik RKJM Dan RKAS
yang belum direvisi
Perlu melengkapai dokumen Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan
bukti analisis Telaah)
Perlu
melengkapi bukti fisik RKJM Dan RKAS yang belum direvisi
3.
Perlu
melengkapai
LK.34 dalam RPP di penilaian lengkap dengan 3 ranah
4.
Perlu melengkapi
LK.18,LK.19,LK.22,penilaian dalam RPP
1.
Perlu
melengkapai LK.33 dan LK.34
2.
Perlu melengkapi LK.08,LK.09,LK22 dan
penilaian dalam RPP 3 ranah
1.Perlu melengkapai LK.34 dan penilaian dalam RPP secara lengkap
2.Perlu
melengkapi
LK/08,LK.18,LK19
dan penilaian dalam RPP 3
ranah
1.Perlu melengkapai LK.34.LK/08,LK.18,LK19 dan penilaian dalam
RPP 3 ranah
2.Perlu
melengkapi
LK/08,LK.18,LK19 dan penilaian dalam RPP 3 ranah
1.Perlu melengkapai
LK.34. dan penilaian
dalam RPP 3 ranah
2.Perlu
melengkapi
LK.17,LK.18,LK.19
1.Perlu melengkapai dokumen Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan
bukti analisis Telaah)
2.Perlu
melengkapi dokumen Tindak lanjut SUPAK
1.Perlu melengkapai dokumen Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan
bukti analisis Telaah)
2.Perlu
melengkapi dokumen Tindak lanjut SUPAK
|
|||||||||||||||||||||||||||
BADRIN
|
HJ. SITTI ARMIDAN
|
MIN Tinombala
|
BPU Kurikulum = 85,5
RKJM =
80
|
1.
Perlu
melengkapi dokumen KTSP, RPP,
dan tagihan lainnya.
Perlu
melengkapi RKAS bukti fisiknya
|
||||||||||||||||||||||||||||
Nazlia
|
MIS
ALKHAIRAAT SINIU
|
BPU
Kurikulum: 80
BPU RKJM/RKAS/M : 80
|
perlu
melengkapi dokumen KTSP dan dokumen RPP
perlu menyelesaikan RKJM 4 tahun dan RKAS
tahun 2014/2015
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Nurmala
|
MIN
PINOTU
|
BPU
Kurikulum : 80
BPU
RKJM/RKAS/M ; 80
|
perlu
melengkapi dokumen KTSP dan RPP
perlu
menyelesaikan RKJM 4 tahun dan RKAS tahun 2014/2015
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Tamking
Totodong
|
MIS
ALKHAIRAAT BURANGA
|
BPU
Kurikulum : 80
BPU
RKJM/RKAS/M :85
|
perlu
melengkapi dokumen KTSP dan RPP
perlu
membuat RKAS/M
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Darsono
|
MIN
PARIGI
|
BPU
Kurikulum: 85
BPU
RKJM/RKAS/M : 90
|
perlu
melengkapi kreteria dokumene KTSP yang baik (LK 07), hasil kajian KTSP LK-14
dan intrumen kajian RPP ( LK- 33)
perlu
membuat RKAS/M
|
|||||||||||||||||||||||||||||
SUMARYANI
|
I
Wayan Sukra
|
SDN
MALAKOSA
|
BPU
Kurikulum: 90
BPU
SUPAK: 85
|
perlu
melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP
perlu
perbaikan pada analisis hasil supak
|
||||||||||||||||||||||||||||
I
Ketut Mandiksa
|
SD
INP. 2 BALINGGI
|
BPU
Kurikulum: 90
BPU
SUPAK ; 85
|
perlu
melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP
perlu
perbaikan pada analisis hasil supak
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Ida
Bagus Made Surya
|
SD
INP. 3 SULI
|
BPU
Kurikulum ; 90
BPU
SUPAK ; 80
|
perlu
melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP
perlu
perbaikan pemberian umpan balik hasil supervisi
|
|||||||||||||||||||||||||||||
I
Wayan Dudon
|
SD
INP. 4 BALINGGI
|
BPU
Kurikulum 90
BPU
SUPAK: 85
|
perlu
melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP
perlu
perbaikan laporan pelaksanaan supervisi
|
|||||||||||||||||||||||||||||
I
Ketut Sigara Arvi
|
SDN
4 TOLAI
|
BPU
Kurikulum 90
BPU
SUPAK 80
|
perlu
melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP
perlu
perbaikan analisis data hasil supervisi dan pemberian umpan balik
|
|||||||||||||||||||||||||||||
SUMARNI
PONTOH
|
Mohamad
Yunus
|
SD
INP. 2 TORIBULU
|
BPU
Kurikulum; 85
BPU
SUPAk : 80
|
perlu
penyempurnaan pada dokumen RPP, yaitu instrumen penilaian
perlu
perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS
|
||||||||||||||||||||||||||||
Fajria
|
SD
INP. 3 TORIBULU
|
BPU
Kurikulum 85
BPU
SUPAk : 80
|
perlu
penyempurnaan dok KTSP, yaitu Tim pengembang sekolah harus ada KTSP dan
dokumen RPP perlu penyempurnaan
perlu
perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Luknah
|
SD
INP. 4 TORIBULU
|
BPU
Kurikulum :85
BPU
SUPAk : 80
|
perlu
penyempurnaan pada dokumen RPP, yaitu instrumen penilaian dan tidak ada tanda
tangan pembuat RPP
perlu
perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Burhan
|
SD
INP. TOMOLI SELATAN
|
BPU
Kurikulum :85
BPU
SUPAk : 80
|
pada
dokumen KTSP perlu melampirkan profil sekolah, penyusun RPP belum mengacu
pada Kurikulum 2013, terutama pada instrumen penilaian
perlu
perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Rusdan.
Dg. Mapodji
|
SDN
TOMOLI
|
BPU
Kurikulum: 85
BPU
SUPAk : 80
|
1. perlu penyempurnaan pada dokumen KTSP,
terutama pada KKM dan program pendidikan kecakapan hidup masih kosong/tidak
diisi.
2. Dokumen RPP yang dilampirkan tidak ada
komponen penutup dan instrumen penilaian
perlu
perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS
|
|||||||||||||||||||||||||||||
CATATAN :
1. Setiap pengawas berkewajiban membimbing kepala
sekolah binaannya sampai memenuhi semua dokumen
portofolio atau memperoleh nilai 100 pada BPU yang masih kurang
2. Bukti
fisik kelengkapan dokumen kami terima
pada tanggal 27 November 2014 di
LPMP
3. Nilai
akhir diberikan pada peserta
PKB setelah bukti fisik kelengkapan dokumen kami terima
4. Jika ada kesulitan yang ditemui pengawas dan
kepala sekolah dalam menyelesaikan dokumen yang dimaksud dapat mengubungi
widyaiswara yang mendampinginya pada
saat In-2
D. HASIL YANG
DICAPAI
1. Partisipasi Peserta
No
|
Kab/Kota
|
Jumlah Peserta Yang diundang
|
Jumlah Peserta Yang Hadir
|
Persentase
Kehadiran Peserta
|
||||||
L
|
P
|
Berkebutuhan Khusus
|
Jumlah
|
L
|
P
|
Berkebutuhan Khusus
|
Jumlah
|
|||
1
|
Kab. Parimo
|
29
|
11
|
40
|
27
|
11
|
38
|
95%
|
2. Hasil Pembelajaran
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KATEGORI
|
PERSENTASE
|
|||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
||
1.
|
Struktur Pelatihan
|
28
|
10
|
74%
|
26%
|
|||
2.
|
Alokasi Waktu
|
4
|
33
|
1
|
11%
|
87%
|
3%
|
|
3.
|
Kualitas Presentasi
|
8
|
30
|
21%
|
79%
|
|||
4.
|
RTL
|
5
|
33
|
13%
|
87%
|
|||
5.
|
Kegiatan Sharing
|
6
|
32
|
16%
|
84%
|
Berdasarkan tabel di atas, peserta yang menyatakan
sangat baik untuk struktur program
adalah 74%, dan 26% menyatakan baik. Kemudian
alokasi waktu yang menyatakan sangat
baik 11% sedangkan yang menyatakan baik 87%. Hanya 3% yang menyatakan cukup.
Untuk kualitas
presentasi diperoleh sangat baik 21%, baik 79%. Selanjutnya, RTL sangat baik 13%, baik 87%. Kegiatan
sharing
atau berbagi pengalaman sangat baik 16%, baik 84%.
Hasil Pre TES dan Pot Tes In-2 PKB Kabupaten Parimo
No
|
Kelompok
|
Mean
Pre Tes In 1
|
Mean
Pos Tes in-2
|
T.
Test
|
Effect
Size
|
Keterangan
|
1
|
Semua
|
38,21
|
44,67
|
0.000334
|
2.599645
|
|
2
|
Laki-laki
|
40,24
|
46,54
|
0.03383
|
0.403694
|
|
3
|
Perempuan
|
34,55
|
48,06
|
0.00121
|
1.513184
|
|
Berdasarkan tabel di atas T.test secara kelas: 0.000334
Sedangka T.Test Berdasarkan Jenis kelamin adalah
Laki-laki : 0.03383
Perempuan: 0.00121
Karena nilai T. Tes yang diperoleh lebih kecil atau
sama dengan 0,05, maka effect size dapat dihitung sebagai berikut:
Effect size secara keseluruhan: 2.599645
dengan kategori besar
Effeck size perempuan: 1.513184
dengan kategori besar
Effeck Size Laki-laki: 0.403694
dengan kategori kecil
|
E. Jumlah yang Lulus/Kompeten
No
|
Kab. Kota
|
Lulus/Kompeten
|
Tidak Lulus/Kompeten
|
||||
Parimo
|
L
|
P
|
Berkebutuhan
Khusus
|
L
|
P
|
Berkebutuhan
khusus
|
|
F. Kendala yang Dihadapi
Kendala yang
dihadapi oleh seluruh peserta antara lain: (1) masalah waktu yang tidak sesuai
dengan beban tugas atau tagihan BPU yang harus dikerjakan selama 2 bulan, (2)
transportasi yang tidak memadai untuk melakukan pendampingan, (3) sebagian
kepala sekolah tidak mengausai IT, dan (4) letak geografis yang tidak strategis.
G. Upaya Penanggulangan
Melakukan pembimbingan secara intensif pada saat
kunjungan ke daearah. Kemudian memberi motivasi serta komunikasi secara intens
kepada setiap kepala sekolah dan pengawas pendamping
TIM Asesor
Kabupaten Parimo
Anggota :
Mohammad Darman Darwis, S.Pd. M.Pd
Mohamad Yusuf, S.Pd. M.Pd
Dra. Hj. Hartati Haris, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar