Rabu, 03 Desember 2014

LAPORAN DIKLAT IN 2



LAPORAN DIKLAT IN 2 PKB KEPALA SEKOLAH
TAHAP I KABUPATEN PARIMO DI HOTEL SANTIKA PALU



A.    Latar Belakang
PKB KS/M merupakan salah satu program dari empat program yang didanai melalui dana hibah dari Pemerintah Australia melalui program Kemitraan Pendidikan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia (Australia’s Education Partnership with Indonesia/AEPI). Untuk itu, agar program tersebut berimplikasi pada kegiatan selanjutnya maka dilakukan diklat In 2 PKB guna mengetahui hasil laporan selama melaksankan OJL. 
Kegiatan ini dilakukan untuk  mengetahui tingkat penguasaan BPU 1 dan 2 bagi setiap Kepala Sekolah yang telah melaksanakan OJL. Di samping itu, apakah seluruh tagihan serta dokumen terkait telah dibuat dalam laporan sesuai kriteria yang ditetapkan.


B.    Landasan
1.    Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.    Permendinas Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
3.    Permendikbud Nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
4.    Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
5.    Permendikbud Nomor 57 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
6.    Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
C.    Tujuan
1.    Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menguasai BPU
2.    Memberikan informasi kepada pihak lain terkait dengan pelaksanaan In 2 PKB bagi Kepala Sekolah SD/MI.


A.    Waktu/Tempat Pelaksanaan
Hari Sabtu – Senin, tanggal 22 s.d. 24 November 2014 di Hotel Santika Jalan Moh. Hatta No  Palu.

B.    Peserta
Peserta In 2 PKB adalah sebagai berikut:
·         Tahap I, Kabupaten Morowali 33 orang, Kabupaten Toli-toli 38 orang, dan Kabupaten Parimo 38 orang.
·         Setiap kabupaten didampingi pengawas masing-masing 8 orang.

C.    Hasil Analisis Dokumen Portofolio BPU


ANALISIS PENILAIAN FORTOFOLIO  PKB KEPALA SD/MI
KABUPATEN PARIMO

NO.
NAMA  PENGAWAS
NAMA KEPALA SEKOLAH
SEKOLAH
NILAI  AWAL
REKOMENDASI
NILAI AKHIR
1
ISBIR JIHARA,  S.Pd
1.   Yunardi, S.Pd








2.   Anton, S.Pd





3.   N. Partiha, S.Pd. I








4.   I Made Astramaya,
    S.Pd,M.Si







5.   Rasdiman, S.Sos.




SD Inpres  Sri Tabang







SD Inpres Bolano





SD Negeri 2 Bolano







SD Inpres 2 Wanamukti







SD Inpres Beringin Jaya
BPU Kurikulum: 70



BPU SUPAK  : 80      



BPU Kurikulum: 80

 
BPU Supak:  85


BPU Kurikulum: 70



BPU Keuangan: 80


BPU Kurikulum: 80



BPU Keuangan: 86        



BPU Kurikulum: 80



BPU Supak : 90


1.      Perlu  melengkapi dokumen revisi KTSP, RPP, dan tagihan lainnya. 

2.      Perlu melengkapi dokumen  hasil supervisi akademik

1.      Perlu  melengkapi dokumen 
Revisi KTSP, RPP, dan tagihan lainnya
2.      Perlu menerapkan di sekolah

1.      Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.      Perlu penerapan di sekolah  secara berkelanjutan

1.      Perlu  melengkapi dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.      Perlu melengkapi tagihan dan penyempurnaan laporan

1.    Perlu  melengkapi dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.   Dokumen dan bukti fisik disempurnakan


2
Hamdan, S.Pd
1.   Abdullah, S.Pd







2.   Zama’ni, S.Pd








SD Inpres Binangga















BPU Kurikulum: 80



BPU Supak: 85


BPU Kurikulum: 80



BPU Supak: 80         



1.      Perlu  melengkapi dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.      Dokumen dan bukti fisik dilengkapi

1.     Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.     Perlu melengkapi dokumen Tindak lanjut SUPAK

3
Janestar, S.Pd
1.   A. Sumanta, S.Pd






2.   Irwin Sri Handayani, S.Pd





3.   Nuryantono, S.Pd






4.   Dwi Sutranto, S.Pd



SD Inpres 1 Mensung






SD Inpres 3 Kayu Agung





SD Negeri 1 Kayu Agung





SD Negeri 2 Kayu Agung



BPU Kurikulum: 85


BPU Keuangan: 75


BPU Kurikulum: 90


BPU RKJM: 75



BPU Kurikulum: 85


BPU RKJM:80



BPU Kurikulum:80

BPU PPTK: 90


1.      Perlu  melengkapi dokumen  RPP dan bukti analisis telaah

2.      Perlu melengkapi RKAS dan seluruh LK tagihan

1.     Perlu  melengkapi dokumen RPP pada komponen penilaian 
2.     Perlu perlu melengkapi dokumen angket orang tua siswa, analisis tingkat strategis, dan visi misi
1.     Perlu  melengkapi dokumen  RPP pada komponen penilaian dan LK
2.     Perlu melengkapi dokumen angket orangtua siswa

1.     Perlu  melengkapi LK 7, LK 14 dan format penilaian
2.     Perlu melampirkan struktur orgainsasi


4


















































5
















































































RAHMAN S.BOBIHU















































I WAYAN SUNARSA





































Muh. Salman







JUSNA I. MUSA







GUFRAN








RAHMAN A. KUNAI








SOFYAN









I KETUT WIDIASA





NI WAYAN SUIRTI






I Ketut Sadia





  


I KETUT SUARNAWA








NI MADE GADUNG




RUFAIDAH







Jabar










SDN 2 SIDOAN







SDN 1 SIDOAN







SDN SIPAYO








SD INP. SIPAYO








SD INP. 3 SIDOAN









SD INP. 2 SULI





SD INP. 1 SULI






SDN 3 TOLAI








SDN 2 TOLAI








SD INP. 1 BALINGGI





SDN PETAPA






SD INP. PELAWA








Kurikulum   70




RKJM   60,75

Kurikulum    60,75


    
RKJM  70


Kurikulum   71,5




RKJM   70


 Kurikulum    70




RKJM   60,25


  Kurikulum  67,75




 RKJM       75



Kurikulum  96,25



Supak          80
Kurikulum  89

Supak          80



Kurikulum  77,5



Supak          70



Kurikulum  96,75



Supak          80








Kurikulum  90


Supak          80


Kurikulum  82



Supak          80


Kurikulum  82



Supak          80



2    Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)

3.     Perlu melengkapi RKAS bukti fisiknya

3.      Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
4.      Perlu penerapan di sekolah  terus menerus


3.      Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)

4.      Perlu melengkapi bukti fisik RKJM Dan RKAS yang belum direvisi

1.     Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)

2.     Perlu melengkapi bukti fisik RKJM Dan RKAS yang belum direvisi

Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)

Perlu melengkapi bukti fisik RKJM Dan RKAS yang belum direvisi


3.     Perlu  melengkapai
LK.34 dalam RPP di penilaian lengkap dengan 3 ranah

4.     Perlu melengkapi LK.18,LK.19,LK.22,penilaian dalam RPP 
1.     Perlu  melengkapai LK.33 dan LK.34

2.     Perlu melengkapi LK.08,LK.09,LK22 dan penilaian dalam RPP 3 ranah

1.Perlu  melengkapai   LK.34 dan penilaian dalam RPP secara lengkap

2.Perlu melengkapi
LK/08,LK.18,LK19  dan    penilaian dalam RPP 3 ranah

1.Perlu  melengkapai   LK.34.LK/08,LK.18,LK19 dan penilaian dalam RPP 3 ranah

2.Perlu melengkapi
LK/08,LK.18,LK19 dan penilaian dalam RPP 3 ranah

1.Perlu  melengkapai   
    LK.34. dan penilaian      
    dalam RPP 3 ranah

2.Perlu melengkapi 
   LK.17,LK.18,LK.19

1.Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.Perlu melengkapi  dokumen Tindak lanjut SUPAK

1.Perlu  melengkapai dokumen  Kurikulum ( Dokumen 1 awal,RPP awal dan bukti analisis Telaah)
2.Perlu melengkapi dokumen Tindak lanjut SUPAK










BADRIN

HJ. SITTI ARMIDAN


MIN Tinombala

BPU Kurikulum  = 85,5



RKJM   =  80


1.      Perlu  melengkapi dokumen  KTSP, RPP, dan tagihan lainnya. 

Perlu melengkapi RKAS bukti fisiknya


Nazlia
MIS ALKHAIRAAT SINIU
BPU Kurikulum: 80
BPU  RKJM/RKAS/M : 80

perlu melengkapi dokumen KTSP dan dokumen RPP

perlu menyelesaikan RKJM 4 tahun dan RKAS tahun 2014/2015

Nurmala
MIN PINOTU
BPU Kurikulum : 80
BPU RKJM/RKAS/M ; 80


perlu melengkapi dokumen KTSP dan RPP

perlu menyelesaikan RKJM 4 tahun dan RKAS tahun 2014/2015

Tamking Totodong
MIS ALKHAIRAAT BURANGA
BPU Kurikulum : 80
BPU RKJM/RKAS/M :85

perlu melengkapi dokumen KTSP dan RPP

perlu membuat RKAS/M

Darsono
MIN PARIGI
BPU Kurikulum: 85
BPU RKJM/RKAS/M : 90


perlu melengkapi kreteria dokumene KTSP yang baik (LK 07), hasil kajian KTSP LK-14 dan intrumen kajian RPP ( LK- 33)

perlu membuat RKAS/M


SUMARYANI
I Wayan Sukra
SDN MALAKOSA
BPU Kurikulum: 90

BPU SUPAK: 85
perlu melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP

perlu perbaikan pada analisis hasil supak



I Ketut Mandiksa
SD INP. 2 BALINGGI
BPU Kurikulum: 90

BPU SUPAK ; 85
perlu melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP

perlu perbaikan pada analisis hasil supak


Ida Bagus Made Surya
SD INP. 3 SULI
BPU Kurikulum ; 90

BPU SUPAK ; 80
perlu melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP
perlu perbaikan pemberian umpan balik hasil supervisi

I Wayan Dudon
SD INP. 4 BALINGGI
BPU Kurikulum 90



BPU SUPAK: 85
perlu melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP

perlu perbaikan laporan pelaksanaan supervisi

I Ketut Sigara Arvi
SDN 4 TOLAI
BPU Kurikulum 90



BPU SUPAK 80
perlu melengkapi LK 33 an 34 yaitu mengkaji dan merevisi RPP

perlu perbaikan analisis data hasil supervisi dan pemberian umpan balik


SUMARNI PONTOH
Mohamad Yunus
SD INP. 2 TORIBULU

BPU Kurikulum; 85


BPU SUPAk : 80
perlu penyempurnaan pada dokumen RPP, yaitu instrumen penilaian

perlu perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS

Fajria
SD INP. 3 TORIBULU
BPU Kurikulum 85






BPU SUPAk : 80
perlu penyempurnaan dok KTSP, yaitu Tim pengembang sekolah harus ada KTSP dan dokumen RPP perlu penyempurnaan

perlu perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS

Luknah
SD INP. 4 TORIBULU
BPU Kurikulum :85




BPU SUPAk : 80
perlu penyempurnaan pada dokumen RPP, yaitu instrumen penilaian dan tidak ada tanda tangan pembuat RPP

perlu perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS

Burhan
SD INP. TOMOLI SELATAN
BPU Kurikulum :85





BPU SUPAk : 80


pada dokumen KTSP perlu melampirkan profil sekolah, penyusun RPP belum mengacu pada Kurikulum 2013, terutama pada instrumen penilaian

perlu perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS

Rusdan. Dg. Mapodji
SDN TOMOLI
BPU Kurikulum: 85









BPU SUPAk : 80
1. perlu penyempurnaan pada dokumen KTSP, terutama pada KKM dan program pendidikan kecakapan hidup masih kosong/tidak diisi.
2. Dokumen RPP yang dilampirkan tidak ada komponen penutup dan instrumen penilaian

   perlu perbaikan RKJM 4 Tahun dan RKAS






























CATATAN :
1.     Setiap  pengawas berkewajiban membimbing kepala sekolah binaannya  sampai memenuhi semua dokumen portofolio  atau memperoleh  nilai 100 pada BPU yang masih kurang
2.     Bukti fisik kelengkapan dokumen kami terima  pada tanggal 27  November 2014 di LPMP
3.     Nilai akhir  diberikan pada  peserta  PKB setelah bukti fisik kelengkapan dokumen kami terima
4.     Jika  ada kesulitan yang ditemui pengawas dan kepala sekolah dalam menyelesaikan dokumen yang dimaksud dapat mengubungi widyaiswara  yang mendampinginya pada saat In-2
                                                                                               
                                                                                       
                                                            
                                                                       
D.    HASIL YANG DICAPAI
1.   Partisipasi Peserta
No
Kab/Kota
Jumlah Peserta Yang diundang
Jumlah Peserta Yang Hadir
Persentase
 Kehadiran Peserta
L
P
Berkebutuhan Khusus
Jumlah
L
P
Berkebutuhan Khusus
Jumlah
1
Kab. Parimo
29
11

40
27
11

38
95%

2.   Hasil Pembelajaran
NO
ASPEK YANG DINILAI
KATEGORI
PERSENTASE
SB
B
C
K
SB
B
C
1.
Struktur Pelatihan
28
10


74%
26%

2.
Alokasi Waktu
4
33
1

11%
87%
3%
3.
Kualitas Presentasi
8
30


21%
79%

4.
RTL
5
33


13%
87%

5.
Kegiatan Sharing
6
32


16%
84%


Berdasarkan tabel di atas, peserta yang menyatakan sangat baik untuk struktur program adalah 74%, dan 26% menyatakan baik. Kemudian alokasi waktu yang menyatakan sangat baik 11% sedangkan yang menyatakan baik 87%. Hanya 3% yang menyatakan cukup.    
Untuk kualitas presentasi diperoleh sangat baik 21%, baik 79%. Selanjutnya, RTL sangat baik 13%, baik 87%. Kegiatan sharing atau berbagi pengalaman sangat baik 16%, baik 84%.

Hasil Pre TES dan Pot Tes In-2 PKB Kabupaten Parimo
No
Kelompok
Mean Pre Tes In 1
Mean Pos Tes in-2
T. Test
Effect Size
Keterangan
1
Semua
38,21
44,67
0.000334
2.599645

2
Laki-laki
40,24
46,54
0.03383
0.403694

3
Perempuan
34,55
48,06
0.00121
1.513184



Berdasarkan tabel di atas T.test secara kelas: 0.000334
Sedangka T.Test Berdasarkan Jenis kelamin adalah
Laki-laki : 0.03383
Perempuan: 0.00121
Karena nilai T. Tes yang diperoleh lebih kecil atau sama dengan 0,05, maka effect size dapat dihitung sebagai berikut:
Effect size secara keseluruhan: 2.599645 dengan kategori besar
Effeck size perempuan: 1.513184 dengan kategori besar
Effeck Size Laki-laki: 0.403694 dengan kategori kecil



E.  Jumlah yang Lulus/Kompeten
No
Kab. Kota
Lulus/Kompeten
Tidak Lulus/Kompeten

Parimo
L
P
Berkebutuhan Khusus
L
P
Berkebutuhan khusus


















F.  Kendala yang Dihadapi
Kendala yang dihadapi oleh seluruh peserta antara lain: (1) masalah waktu yang tidak sesuai dengan beban tugas atau tagihan BPU yang harus dikerjakan selama 2 bulan, (2) transportasi yang tidak memadai untuk melakukan pendampingan, (3) sebagian kepala sekolah tidak mengausai IT, dan (4) letak geografis yang tidak strategis.

G. Upaya Penanggulangan
Melakukan pembimbingan secara intensif pada saat kunjungan ke daearah. Kemudian memberi motivasi serta komunikasi secara intens kepada setiap kepala sekolah dan pengawas pendamping


TIM Asesor Kabupaten Parimo
Anggota : Mohammad Darman Darwis, S.Pd. M.Pd
                              Mohamad Yusuf, S.Pd. M.Pd
                 Dra. Hj. Hartati Haris, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar