Senin, 10 Oktober 2011

MENJADI JENIUS KREATIF

Bila Anda ingin jenius kreatif quantum reading resepnya. Karena, membaca dengan baik adalah keterampilan berharga yang kamu gunakan sepanjang hayat. Namun, banyak siswa beranggapan bahwa membaca hanya sebagai beban. Jika membaca dijadikan sebagai kebutuhan utama, pastikan kamu akan menjadi seorang jenius kreatif.

Beberapa hal yang dapat dikombinasikan untuk mencapai minat tingkat tinggi pada quatum reading sebagai berikut.
1.     Jadilah Siswa yang Ingin Tahu
Quantum Reading, yaitu mengajukan pertanyaan. Sebelum Anda mulai mengerjakan tugas membaca, bertanyalah pada diri Anda:
·         Tentang apa tugas ini?
·         Manfaat apa yang saya ingin ambil?
·         Bagaimana saya dapat menggunakan informasi ini?

2.     Masuki Keadaan Konsentrasi yang Terpusat
Membaca cepat menuntut konsentrasi tinggi. Atur agar buku Anda berdiri di atas meja. Gunakan keadaan alfa untuk membaca sebaik mungkin. Untuk mengakses alfa, duduk tegak, pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam, dan pikirkan tempat yang damai.

3.     SuperScan  
Setelah berada di Alfa, mulai melakukan SuperScan terhadap buku Anda. SuperScan adalah membaca paling cepat. Dengan cepat, lalui setiap halaman dari tugas membaca Anda. Lihat keseluruhan halaman sekaligus.

Saat Anda melakukan SuperScan, tanyakan kepada diri Anda, “kira-kira buku ini tetang apa? Apa artinya? Mengapa orang ini penting?” Benak menyukai pertanyaan dan secara otomatis mencari jawaban.

4.     Membaca        
    Sekali lagi masuki keadaan Alfa. Saat mulai membaca, ikuti baris demi baris kalimat-kalimat tersebut. Paksa diri Anda untuk membaca lebih cepat dari tingkat membaca  yang nyaman.

5.     Mengulang
Buatlah peta pikiran untuk hal yang baru saja Anda baca. Hal ini akan merekatkan pembelajaran dalam memori dan meningkatkan pemahaman terhadap materi. Kelak Anda dapat menggunakan peta pikiran ini untuk mengulang dalam menghadapi ujian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar