Rabu, 24 Agustus 2011

SAP BINDO STMIK BINA MULIA PALU


TUJUAN DAN RUANG LINGKUP PERKULIAHAN

Silabi dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)

1.   TUJUAN
Tujuan umum pengajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
a.    Tercapainya pemakaian bahasa Indonesia baku yang cermat, dan efisien dalam komunikasi, yaitu pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar
b.    Tercapainya pemilikan keterampilan yang baik dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan pengetahuan yang sahih.
c.    Tercapainya sikap positif terhadap bahasa Indonesia, yaitu sikap yang erat kaitannya dengan rasa tanggungjawab yang tampak dari perilaku sehari-hari.

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat:
a.    Memiliki pengetahuan tentang sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia
b.    Memilki pengetahuan tentang ejaan bahasa Indonesia dengan benar
c.    Memilki pengetahuan tentang kaidah pembentukan kata bahasa Indonesia dan dapat menggunakannya dengan benar
d.    Memilki pengetahuan tentang kaidah pembenatukan kalimat bahasa Indonesia dan dapat menggunakannya dengan benar
e.    Memilki pengetahuan tentang keterampilam menyimak dan mampu menyimak pembicaraan orang lain yang diucapkan dalam bahasa Indonesia
f.     Memilki pengetahuan tentang keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
g.    Memilki pengetahuan tentang keterampilam membaca dan mampu membaca dengan tepat di dalam kecepatan yang memadahi menangkap isi bacaan yang ditulis dalam bahasa Indonesia
h.    Memilki pengetahuan tentang keterampilan menulis dan mampu menulis dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
i.     Memliki sikap yang baik dan positif terhadap pemakaian, pembinaan, dan pengembangan bahasa Indonesia.



2.   Rasional
Sesuai dengan tujuan pendidikan dan pengajaran bahsa Indonesia, maka fungsi bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan pendidikan nasional adalah sebagai berikut.
a.    Sebagai mata pelajaran dasar dan pokok
b.    Sebagai alat pengantar di semua jenis dan jenjang lembaga pendidikan
c.    Sebagai bahasa penalaran
d.    Sebagai bahasa penangkap dari hasil  pendidikan.

3.   Isi dan Urutan Perkuliahan
a.    Tujuan dan Ruang Lingkup Perkuliahan
b.    Sejarah, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
1)   Pengertian dan fungsi bahasa
2)   Sejarah bahasa Indonesia sejarah sebelaum sumpah pemuda 1928
3)   Sejarah bahasa Indonesia sejak sumpah pemuda 1928 sampai Proklamasi Kemerdekaan RI 1945
4)   Sejarah bahasa Indonesia sejak 1945 sampai sekarang
5)   Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional
6)   Kedududkan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara
7)   Fungsi bahasa Indonesia, sebagai bahasa nasional
8)   Fungsi bahasa Indonesia, sebagai bahasa Negara
c.    Ejaan bahasa Indonesia
1)   Cara penulisan huruf, apakah huruf itu harus ditulis dengan huruf kapital atau tidak
2)   Cara penulisan kata, apakah kata harus ditulis serangkai atau terpisah
3)   Unsur serapan
4)   Tanda baca
d.    Bentuk kata bahasa  Indonesia
1)   Pemakaian awalan
2)   Pemakaian akhiran
3)   Pemakaian sisipan dan bentuk yang kompleks
4)   Kata majemuk
5)   Kata ulang
e.    Kalimat bahasa Indonesia
1)   Unsur-unsur kalimat
2)   Kalimat tunggal dan kalimat majemuk
3)   Kalimat efektif
4)   Analisis kalimat
f.     Aspek-aspek keterampilan berbahasa
1)   Menyimak
2)   Berbicara
3)   Membaca
4)   Menulis
g.    Proses dan pengertian menyimak
1)   Proses dan pengertian menyimak
2)   Berbagai hal dan jenis-jenis menyimak
3)   Latihan/tes menyimak
h.    Keterampilan berbicara
1)   Proses dan pengertian berbicara
2)   Berbagai hal dan jenis-jenis berbicara
3)   Latihan/tes keterampilan berbicara
i.     Keterampilan membaca
1)   Proses dan pengertian membaca
2)   Berbagai hal dan jenis-jenis membaca
3)   Latihan/tes keterampilan membaca
j.     Keterampilan menulis
1)   Proses dan pengertian menulis
2)   Surat dinas
3)   Alinea, wacana, dan kerangka karangan
4)   Tulisan ilmiah
5)   Kutipan dan daftar pustaka

4.  Tugas Perkuliahan
Perkuliahan ini mewajibkan para mahasiswa untuk (1) menulis makalah, artikel, laporan penelitian  secara kelompok berdasarkan topik yang telah ditentukan, (2) mempresentasikan makalah, artikel, dan laporan penelitian, (3) membaca beberapa sumber yang terkait dengan topik-topik diskusi, dan (4) setiap mahasiswa diwajibkan menyelesaikan tugas akhir semester dan diserahkan tepat waktu.

5.  Metode/Teknik Perkuliahan
1)   Ceramah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar